KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR
MODEL
SILABUS KELAS IV
|
|||
KATA PENGANTAR
Sebagaimana
dijelaskan pada Peraturan Pemerintah
Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain
menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar
juga menyusun contoh silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini
dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada
para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional
Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan
bagian tak terpisahkan dari KTSP. Melalui
model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal.
Sekolah dapat mengembangkan
contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi
sekolah dan daerah.
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini, khususnya
kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan
fikiran demi terwujudnya model silabus ini.
Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam mengembangkan dan menyusun silabus untuk
sekolah dasar.
Jakarta, Maret 2007
Direktur
Pembinaan TK dan SD,
Drs. Mudjito A.K., M.Si.
NIP 131 112 700
SAMBUTAN
Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan
(SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa
Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.
Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan
dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No.
20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku
dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model
KTSP. Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara
menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya
berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.
Bagian kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP
sebagai hasil pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai
contoh hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun
dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan
kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan
KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan
perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model
silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang
saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan
pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan
kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.
BSNP menyampaikan
penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari
berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan
Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan
terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah
membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang
baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat
diselesaikan.
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : IV
( empat ) / 1 (satu)
Standar kompetensi : 1. Memahami dan menggunakan sifat –
sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1.1. Mengiden tifikasi sifat
– sifat operasi hitung
|
Sifat – sifat operasi hitung cacah
|
·
Menyimpulkan
dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pertukaran
·
Menyimpulkan
dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pengelompokan
·
Menggunakan
sifat pertukaran dan pengelompokan untuk menghitung cepat
Contoh : 19 + 21 = 19 + ( 20 +1 )
= 19 + 1 + 20
= 20 + 20 = 40
|
·
Melakukan operasi hitung dengan menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan
·
Melakukan operasi hitung dengan menggunakan sifat pengelompokan pada penjumlahan
|
Tertulis
|
5 jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV
Buku referensi yang sesuai
|
1.2. Mengurutkan bilangan
|
Urutan bilangan
|
·
Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan
ribu
·
Dengan membandingkan nilai tempatnya siswa dapat
membandingkan dua bilangan dengan mengisi tanda < atau >
·
Mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar atau
sebaliknya dengan menggunakan nilai tempat
|
·
Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan
ribu
·
Membandingkan dua bilangan sampai lima angka dengan
tanda < atau >
·
Menggunakan nilai tem-pat untuk mengurutkan bilangan
dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya
|
Tertulis
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV
paket
Buku
referensi yang sesuai
Kartu bilangan satu angka
|
1.3.Melakukan operasi
perkalian dan pembagian
|
|
·
Menghafal perkalian dengan menggunakan peragaan jari
tangan / peragaan benda lain dengan
hasil sampai seratus
·
Melakukan pembagian dengan menggunakan fakta dasar
perkalian
·
Melakukan operasi perkalian dengan cara susun sekurang
– kurangnya dua bilangan minimal dua angka.
·
Melakukan operasi pembagian dengan cara susun sekurang
– kurang dua angka
|
·
Menghafal fakta dasar perkalian sebagai langkah
dasar pembagian dengan hasil sampai
seratus
·
Melakukan perkalian dengan cara susun
·
Melakukan pembagian dengan sisa dengan cara susun
·
Melakukan pembagian tanpa sisa dengan cara susun
|
Tertulis
Performance
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
Kartu bilangan satu angka
|
1.4. Melakukan operasi hitung
campuran
|
Operasi hitung campuran
|
·
Mengamati contoh operasi hitung campuran dua atau tiga bilangan.
·
Menyelesaikan operasi hitung campuran yang melibatkan
sekurang – kurangnya dua bilangan
·
Mengamati contoh sifat
operasi hitung sesuai aturan operasi hitung.
·
Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran.
|
·
Menentukan hasil operasi hitung campuran sekurang
–kurangnya menggunakan dua operasi hitung.
·
Menggunakan sifat – sifat operasi hitung untuk
memudahkan perhitungan.
·
Melakukan operasi hitung campuran melalui sajian soal
cerita.
|
Tertulis
Performance
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV
paket
Buku
referensi yang sesuai
|
1.5. Melakukan penaksiran
dan pembulatan
|
Penaksiran dan pembulatan
|
·
Melakukan taksiran rendah terhadap operasi hitung
·
Melakukan taksiran tinggi terhadap operasi hitung
·
Melakukan taksiran yang baik terhadap operasi hitung.
·
Melakukan pembulatan operasi hitung dalam satuan,
puluhan, dan ratusan terdekat.
|
·
Melakukan penaksiran operasi hitung.
·
Membulatkan operasi hitung dalam satuan, puluhan, atau
ratusan terdekat.
|
Tertulis
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
1.6. Memecahkan masalah yang
melibatkan uang
|
Uang
|
·
Bermain tukar menukar yang melibatkan uang.
·
Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang.
·
Menyelesaikan soal cerita sederhana melalui permainan
jual beli yang melibatkan uang.
|
·
Membandingkan nilai uang yang berbeda melalui
permainan.
·
Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi
jual beli yang melibatkan uang
|
Tertulis
Performance
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
Standar kompetensi : 2.
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
2.1 Mendiskripsikan konsep
faktor dan kelipatan
|
Kelipatan dan faktor
|
·
Menulis kelipatan dari bilangan yang ditentukan
·
Membuat kesimpulan tentang pengertian konsep kelipatan
·
Menulis faktor dari bilangan ditentukan
·
Membuat kesimpulan tentang pengertian konsep faktor
|
·
Menjelaskan arti kelipatan berdasarkan contoh
·
Menjelaskan arti faktor berdasarkan contoh
|
Tertulis
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
2.2 Menentukan kelipatan
dan faktor bilangan
|
Kelipatan dan faktor
|
·
Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan suatu bilangan
·
Menyelesaikan soal berkaitan faktor suatu bilangan
·
Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan dan faktor dari
dua bilangan
|
·
Menentukan kelipatan suatu bilangan melalui latihan
soal
·
Menentukan faktor dari suatu bilangan melalui latihan
soal
·
Menentukan kelipatan dan faktor dari dua bilangan
melalui latihan soal
|
Tertulis
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
2.3 Menentukan Kelipatan
Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
|
·
Menentukan faktor dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan
·
Menentukan kelipatan dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan
·
Menentukan KPK dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan
·
Menentukan FPB dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan
·
Menentukan FPB dari bilangan yang ditentukan
sekurangnya dua bilangan
|
·
Menentukan faktor dan kelipatan sekurang – kurangnya
dua bilangan
·
Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan
·
Memecahkan masalah sehari – hari berkaitan dengan KPK
dan FPB melalui soal cerita
|
Tertulis
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
|
2.4 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor
Persekutuan Terbesar (FPB)
|
·
Menyamakan
penyebut dua pecahan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan dengan
menggunakan KPK
·
Menyederhanakan
pecahan dengan menggunakan FPB
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB
|
·
Menggunakan KPK
dan FPB dalam menyelesaikan hitung pecahan dan masalah kehidupan sehari –
hari.
|
Tertulis
|
5
jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
Standar kompetensi : 3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang
dan berat dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
3.1.Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
|
Sudut
|
·
Menggambar berbagai macam bentuk sudut
·
Menentukan besar sudut dari benda sekitar dengan satuan
tidak baku
·
Menggambar berbagi macam bentuk sudut
·
Menentukan besar sudut dari benda sekitar dengan satuan
derajat
|
·
Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku
·
Menentukanbesar sudut dengan satuan derajat
|
Tertulis
|
5
jp x 35 menit
|
Buku paket matematika kelas IV
Buku referensi yang sesuai
|
3.2 Menentukan hubungan
antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat
|
Satuan waktu, panjang, dan berat
|
· Mengamati gambar yang
berkaitan dengan satuan waktu
· Mengubah satuan waktu
· Mengamati gambar tangga
satuan panjang
· Mengubah satuan panjang
· Mengamati gambar tangga
satuan berat
· Mengubah satuan berat
|
·
Menentukan hubungan antara satuan waktu
·
Menentukan hubungan antara satuan panjang
·
Menentukan hubungan antara satuan berat
|
Tertulis
|
6 jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
3.3 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang , dan berat
|
Satuan waktu, panjang, dan berat
|
·
Menentukan hasil operasi hitung satuan waktu yang
berbeda.
· Menentukan hasil
operasi hitung satuan panjang yang berbeda.
· Menentukan hasil
operasi hitung satuan berat yang berbeda.
· Menyelesaikan soal
cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari melalui operasi hitung berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan
berat
|
·
Mengubah ukuran satuan waktu, panjang, dan berat
·
Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan
sehari – hari berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat
|
Tertulis
|
5 x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
3.4 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan satuan kuantitas
|
Satuan kuantitas (rim, gros, kodi, dan lusin )
|
·
Mengamati satuan kuantitas (rim, gros, kodi, dan lusin
)
·
Mengubah satuan kuantitas
·
Menentukan hasil operasi hitung satuan kuantitas
·
Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan
sehari – hari yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas
|
·
Mengubah satuan kuantitas
·
Memecahkan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari
– hari yang melibatkan satuan kuantitas
|
Tertulis
|
5
x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep keliling dan luas
bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
4.1.Menentukan keliling dan luas jajaran genjang dan
segi tiga
|
·
Menggambar bangun jajaran genjang dan segi tiga dengan
ukuran yang ditentukan
·
Menemukan rumus keliling dan luas jajaran genjang dan
segi tiga melalui percobaan dan pengamatan
·
Menyelesaikan soal berkaitan dengan keliling dan luas
jajaran genjang dan segi tiga
|
·
Menemukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi
tiga
|
Tertulis
|
7 jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
|
4.2.Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga
|
Keliling dan luas
|
·
Menggambar
bangun jajaran genjang dan segi tiga dengan ukuran yang ditentukan
·
Menghitung luas dan keliling jajaran genjang dan segi
tiga dari gambar dan ukuran ditentukan
·
Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang keliling
dan luas jajaran genjang dan segi tiga
|
·
Memecahkan soal ten tang keliling dan luas jajaran
genjang dan segi tiga melalui sajian gambar dengan ukuran yang ditentukan
·
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas
dan keliling jajaran genjang dan segi tiga
|
Tertulis
|
7 jp x 35 menit
|
Buku matematika kelas IV paket
Buku referensi yang sesuai
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV
(empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Menjumlahkan dan
mengurangkan bilangan bulat
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
5.1 Mengurutkan bilangan bulat
|
Bilangan Bulat
|
·
Mengenal
bilangan bulat negatif melalui
pemberian masalah sehari-hari
·
Membaca
dan menuliskan lambang bilangan bulat
·
Menentukan
letak suatu bilangan bulat pada garis bilangan
·
Membandingkan
dua buah bilangan bulat dengan tanda < ; > ; atau =
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan bulat (maksimal 2 angka) dari bilangan terkecil ke
terbesar atau sebaliknya.
|
·
Mengenal
bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
·
Membaca
dan menulis bilangan bulat
·
Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan
·
Membandingkan
dua bilangan bulat
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan bulat dari kecil ke besar atau sebaliknya
|
Tes Tertulis
Portofolio
|
5 jp x 35 menit
|
· Buku Matematika
· Buku referensi yang relevan.
·
garis bilangan
|
5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
|
Operasi hitung bilangan bulat
|
·
Menyatakan
bilangan bulat menggunakan panah pada garis bilangan
·
Melakukan
penjumlahan pada bilangan bulat (positif-positif; positif-negatif;
negatif-positif; negatif-negatif) menggunakan garis bilangan
·
Menyatakan
bilangan bulat menggunakan papan selisih
·
Melakukan
penjumlahan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·
Bermain
melakukan penjumlahan bilangan bulat menggunakan orang-orangan pada garis
bilangan
|
·
Menunjukkan
letak bilangan bulat pada garis bilangan
·
Menjumlahkan
bilangan bulat positif dan positif
·
Menjumlahkan
bilangan bulat positif dan negatif
·
Menjumlahkan
bilangan bulat negatif dan positif
·
Menjumlahkan
bilangan bulat negatif dan negatif
|
Tes Tertulis
Performans
|
5 jp x 35 menit
|
· Buku matematika
· Buku referensi yang relevan
·
garis bilangan
·
Papan Selisih
|
5.3 Mengurangkan bilangan bulat
|
Operasi hitung bilangan bulat
|
·
Menyatakan
lawan suatu bilangan
·
Melakukan
pengurangan dengan mengubah terlebih dahulu ke bentuk penjumlahan
·
Melakukan
pengurangan pada bilangan bulat (positif-positif; positif-negatif;
negatif-positif; negatif-negatif) menggunakan garis bilangan
·
Melakukan
pengurangan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·
Bermain
melakukan pengurang-an bilangan bulat menggunakan orang-orangan pada garis
bilangan
|
·
Menuliskan
lawan suatu bilangan
·
Menuliskan
pernyataan /kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan atau sebaliknya
·
Mengurangkan
bilangan bulat positif dan positif
·
Mengurangkan
bilangan bulat positif dengan negatif
·
Mengurangkan
bilangan bulat negatif dengan positif
·
Mengurangkan
bilangan bulat negatif dengan negatif
|
- Tes Tertulis
- Performans
|
5 jp x 35 menit
|
· Buku Matematika
· Buku referensi yang relevan.
·
garis bilangan
·
Papan Selisih
|
5.4 Melakukan
operasi hitung campuran
|
Hitung Campuran bilangan bulat
|
·
Melakukan
hitung campuran (penjumlahan dan pengurangan) pada bilangan bulat menggunakan
papan selisih
·
Melakukan
hitung campuran (perkalian dan pembagian) pada bilangan bulat menggunakan
papan selisih
·
Melakukan
hitung campuran bilangan bilat yang melibatkan 3 jenis operasi hitung
|
·
Melakukan operasi
hitung campuran bilangan bulat
|
- Tes Tertulis
|
5 jp x 35 menit
|
· Buku Matematika
·
Buku referensi yang
relevan
·
Papan selisih
|
Standar
Kompetensi : 6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
|
Pecahan dan Urutannya
|
·
Mengenal
pecahan dengan peragaan langsung menggunakan benda yang bisa dipotong-potong
·
Menyatakan
pecahan dengan menggunakan potongan kertas warna atau menggunakan gambar yang
diarsir
·
Menentukan
letak suatu pecahan pada garis bilangan
·
Membandingkan
2 pecahan meng-gunakan potongan kertas/ gambar dengan melihat luas daerah yang
merupakan bentuk visual pecahan tersebut.
·
Mengurutkan
sekelompok pecahan yang berpenyebut sama dari kecil ke besar atau sebaliknya.
·
Mengurutkan
sekelompok pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dari kecil ke besar
atau sebaliknya
|
· Mengenal arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak
utuh
· Menyatakan pecahan
secara visual
· Menuliskan letak
pecahan pada garis bilangan
· Membandingkan dua
pecahan
· Mengurutkan pecahan
yang berpenyebut sama
· Mengurutkan pecahan
sederhana yang berpenyebut tidak sama
|
- Tes Tertulis
- Performans
|
7 jp x 35 menit
|
· Buku Matematika
·
Buku referensi yang
relevan.
·
garis bilangan
·
Kue/buah/ roti
·
Kertas lipat
|
6.2 Menyederha-nakan berbagai bentuk pecahan
|
Menyederhanakan Pecahan
|
·
Menentukan pecahan
senilai dari suatu pecahan biasa
·
Menuliskan suatu
pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal dan persen
·
Menyederhanakan
suatu pecahan biasa menggunakan konsep pecahan senilai
·
Menuliskan pecahan
campuran ke bentuk pecahan biasa yang senilai atau sebaliknya kemudian
menyederhanakannya
|
· Menentukan pecahan senilai
· Menyederhanakan suatu pecahan biasa
· Menuliskan pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa
yang paling sederhana
|
Tes Tertulis
|
5 jp x 35 menit
|
·
Buku Matematika
·
Buku referensi yang
relevan.
·
Kertas lipat
|
6.3 Menjumlah kan pecahan
|
Operasi hitung pecahan
|
·
Melakukan
penjumlahan dua pecahan berpenyebut sama dengan peragaan langsung (mis:
menggabungkan ¼ apel dengan ¼ apel)
·
Melakukan
penjumlahan secara matematis berdasarkan peragaan yang telah dilaksanakan
·
Melakukan
penjumlahan pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dengan peragaan
langsung menggunakan benda nyata dan kertas lipat
·
Melakukan
penjumlahan secara matematis pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
|
· Menjumlahkan dua
pecahan biasa berpenyebut sama
· Menjumlahkan dua
pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama
|
Tes Tertulis
Performans
|
7 jp x 35 menit
|
· Buku matematika
·
Buku referensi yang
relevan
·
Apel/roti
·
Kertas Lipat
|
6.4 Mengurang kan
pecahan
|
Operasi hitung pecahan
|
· Melakukan pengurangan dua pecahan
berpenyebut sama dengan peragaan langsung (mis: mengambil ¼ apel dari ¾ apel)
· Melakukan pengurangan secara
matematis berdasarkan peragaan yang telah dilaksanakan
· Melakukan pengurangan pecahan
sederhana yang berpenyebut tidak sama dengan peragaan langsung menggunakan
benda nyata dan kertas lipat
· Melakukan pengurangan secara
matematis pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
|
· Mengurangkan dua
pecahan biasa yang berpenyebut sama
· Mengurangkan dua
pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
7 jp x 35 menit
|
· Buku matematika
Buku referensi yang relevan
|
6.5 Menyelesai kan
masalah yang berkaitan dengan pecahan
|
Operasi hitung pecahan
|
· Melakukan observasi pada
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan, pengamatan, analisis
data dan diskusi untuk dapat menyelesaikan persoalan sehari-hari yang
berkaitan dengan pecahan
· Melakukan diskusi dan latihan
dengan soal-soal yang kontekstual
|
· Menyelesaikan persoalan
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
|
Tes tertulis
|
5 jp x 35 menit
|
· Buku matematika
·
Buku referensi yang
relevan
·
Kegiatan keseharian
yang relevan
|
All the games you can play on the Sega Genesis - AprCasino
BalasHapusThe best part is, novcasino of goyangfc course, the game, is that 출장안마 there are very few people who do a lot herzamanindir.com/ of the hard work. The best part is, apr casino if the