Sabtu, 29 Oktober 2011

silabus kelas 4




KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR





MODEL
SILABUS KELAS IV








DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL MANDIKDASMEN
DIREKTORAT PEMBINAAN TK DAN SD
2007
 




KATA PENGANTAR
                                                       
 Sebagaimana dijelaskan  pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada  para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan bagian tak terpisahkan dari KTSP.  Melalui model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal. Sekolah dapat  mengembangkan contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi sekolah dan daerah.  
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini,  khususnya  kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran demi terwujudnya model silabus ini.  Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam  mengembangkan dan menyusun silabus untuk sekolah dasar.
Jakarta,      Maret 2007
Direktur Pembinaan TK dan SD,



Drs. Mudjito A.K., M.Si.
NIP  131 112 700


SAMBUTAN

Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.

Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.

Bagian kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.





Mata Pelajaran            :     Matematika                                                                                                                     
Kelas / Semester          :     IV ( empat ) / 1 (satu)
Standar kompetensi    :     1. Memahami dan menggunakan sifat – sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah   
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
1.1. Mengiden tifikasi sifat – sifat operasi hitung

Sifat – sifat operasi hitung cacah

·    Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pertukaran
·    Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pengelompokan
·    Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan untuk menghitung cepat
Contoh : 19 + 21 = 19 + ( 20 +1 )
             = 19 + 1 + 20
             =  20 + 20 = 40
·    Melakukan operasi hitung dengan menggunakan  sifat pertukaran pada penjumlahan


·    Melakukan operasi hitung dengan menggunakan  sifat pengelompokan pada penjumlahan

Tertulis

5 jp  x 35 menit

Buku matematika kelas IV

Buku referensi yang sesuai


1.2. Mengurutkan bilangan

Urutan  bilangan

·    Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu

·    Dengan membandingkan nilai tempatnya siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan mengisi tanda  < atau >
·    Mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan nilai tempat

·         Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu
·         Membandingkan dua bilangan sampai lima angka dengan tanda < atau >
·         Menggunakan nilai tem-pat untuk mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya
Tertulis

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

Kartu bilangan satu angka
1.3.Melakukan operasi perkalian  dan pembagian


·    Menghafal perkalian dengan menggunakan peragaan jari tangan / peragaan benda lain  dengan hasil sampai seratus
·    Melakukan pembagian dengan menggunakan fakta dasar perkalian
·    Melakukan operasi perkalian dengan cara susun sekurang – kurangnya dua bilangan minimal dua angka.
·    Melakukan operasi pembagian dengan cara susun sekurang – kurang dua angka
·         Menghafal fakta dasar perkalian sebagai langkah dasar  pembagian dengan hasil sampai seratus
·         Melakukan perkalian dengan cara susun
·         Melakukan pembagian dengan sisa dengan cara susun

·         Melakukan pembagian tanpa sisa dengan cara susun
Tertulis
Performance

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

Kartu bilangan satu angka

1.4.  Melakukan operasi hitung campuran
Operasi hitung campuran
·   Mengamati contoh operasi  hitung campuran dua atau tiga bilangan.
·   Menyelesaikan operasi hitung campuran yang melibatkan sekurang – kurangnya dua bilangan
·   Mengamati contoh sifat  operasi hitung sesuai aturan operasi hitung.

·   Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung campuran.

·         Menentukan hasil operasi hitung campuran sekurang –kurangnya menggunakan dua operasi hitung.

·         Menggunakan sifat – sifat operasi hitung untuk memudahkan perhitungan.
·         Melakukan operasi hitung campuran melalui sajian soal cerita.
Tertulis
Performance

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

1.5. Melakukan penaksiran dan pembulatan
Penaksiran dan pembulatan
·   Melakukan taksiran rendah terhadap operasi hitung
·   Melakukan taksiran tinggi terhadap operasi hitung
·   Melakukan taksiran yang baik terhadap operasi hitung.
·   Melakukan pembulatan operasi hitung dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat.

·         Melakukan penaksiran operasi hitung.


·         Membulatkan operasi hitung dalam satuan, puluhan, atau ratusan terdekat.
Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

1.6.  Memecahkan masalah yang melibatkan uang
Uang
·   Bermain tukar menukar yang melibatkan uang.
·   Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang.
·   Menyelesaikan soal cerita sederhana melalui permainan jual beli yang melibatkan uang.
·         Membandingkan nilai uang yang berbeda melalui permainan.
·         Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi jual beli yang melibatkan uang
Tertulis
Performance

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

Standar kompetensi          :     2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
2.1  Mendiskripsikan konsep faktor dan kelipatan

Kelipatan dan faktor


·    Menulis kelipatan dari bilangan yang ditentukan
·    Membuat kesimpulan tentang pengertian  konsep kelipatan
·    Menulis faktor dari bilangan ditentukan
·    Membuat kesimpulan tentang pengertian  konsep faktor
·     Menjelaskan arti kelipatan berdasarkan contoh


·     Menjelaskan arti faktor berdasarkan contoh

Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

2.2  Menentukan kelipatan dan faktor bilangan

Kelipatan dan faktor

·   Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan suatu bilangan

·   Menyelesaikan soal berkaitan faktor suatu bilangan

·   Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan dan faktor dari dua bilangan

·         Menentukan kelipatan suatu bilangan melalui latihan soal
·         Menentukan faktor dari suatu bilangan melalui latihan soal
·         Menentukan kelipatan dan faktor dari dua bilangan melalui latihan soal

Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

2.3    Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

·     Menentukan faktor dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan kelipatan dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan KPK dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan faktor dan kelipatan sekurang – kurangnya dua bilangan



·      Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan

·     Memecahkan masalah sehari – hari berkaitan dengan KPK dan FPB  melalui soal cerita
Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

2.4     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
KPK dan FPB
·    Menyamakan penyebut dua pecahan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan KPK
·    Menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB
·    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB
·    Menggunakan KPK dan FPB dalam menyelesaikan hitung pecahan dan masalah kehidupan sehari – hari.

Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai


Standar kompetensi    :     3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang dan berat  dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
3.1.Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

Sudut

·      Menggambar berbagai macam bentuk sudut
·     Menentukan besar sudut dari benda sekitar dengan satuan tidak baku
·     Menggambar berbagi macam bentuk sudut
·     Menentukan besar sudut dari benda sekitar dengan satuan derajat


·     Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku



·   Menentukanbesar sudut dengan satuan derajat
Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku paket matematika kelas IV

Buku referensi yang sesuai

3.2  Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat
Satuan waktu, panjang, dan berat

·       Mengamati gambar yang berkaitan dengan satuan waktu
·       Mengubah satuan waktu
·       Mengamati gambar tangga satuan panjang
·       Mengubah satuan panjang
·       Mengamati gambar tangga satuan berat
·       Mengubah satuan berat
·         Menentukan hubungan antara satuan waktu
·         Menentukan hubungan antara satuan panjang
·         Menentukan hubungan antara satuan berat
Tertulis


6 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

3.3  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang , dan berat

Satuan waktu, panjang, dan berat

·       Menentukan hasil operasi hitung satuan waktu yang berbeda.
·       Menentukan hasil operasi hitung satuan panjang yang berbeda.
·       Menentukan hasil operasi hitung satuan berat yang berbeda.
·       Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari melalui operasi hitung  berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat
·         Mengubah ukuran satuan waktu, panjang, dan berat



·     Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat
Tertulis


5 x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

3.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas

Satuan kuantitas (rim, gros, kodi, dan lusin )
·     Mengamati satuan kuantitas (rim, gros, kodi, dan lusin )
·     Mengubah satuan kuantitas
·     Menentukan hasil operasi hitung satuan kuantitas
·     Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas
·      Mengubah satuan kuantitas

·         Memecahkan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari yang melibatkan satuan kuantitas
Tertulis


5 x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai





Standar Kompetensi   :     4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
4.1.Menentukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga

Keliling dan luas
·     Menggambar bangun jajaran genjang dan segi tiga dengan ukuran yang ditentukan
·     Menemukan rumus keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga melalui percobaan dan pengamatan
·     Menyelesaikan soal berkaitan dengan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga
·         Menemukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga

Tertulis


7 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai
4.2.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga
Keliling dan luas
·       Menggambar bangun jajaran genjang dan segi tiga dengan ukuran yang ditentukan
·       Menghitung luas dan keliling jajaran genjang dan segi tiga dari gambar dan ukuran ditentukan
·       Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga

·         Memecahkan soal ten tang keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga melalui sajian gambar dengan ukuran yang ditentukan
·         Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas dan keliling jajaran genjang dan segi tiga
Tertulis


7 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai



Mata Pelajaran            :     Matematika
Kelas / Semester          :     IV (empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi   :     5.  Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
5.1 Mengurutkan bilangan bulat

Bilangan Bulat
·         Mengenal bilangan bulat negatif  melalui pemberian masalah sehari-hari
·         Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
·         Menentukan letak suatu bilangan bulat pada garis bilangan

·         Membandingkan dua buah bilangan bulat dengan tanda < ; > ; atau =
·         Mengurutkan sekelompok bilangan bulat (maksimal 2 angka) dari bilangan terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·     Mengenal bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
·     Membaca dan menulis bilangan bulat
·     Menentukan  letak bilangan bulat dalam garis bilangan
·     Membandingkan dua bilangan bulat

·     Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari kecil ke besar atau sebaliknya

Tes Tertulis
Portofolio
5 jp x 35 menit
· Buku Matematika
· Buku referensi yang relevan.
·    garis bilangan


5.2 Menjumlahkan bilangan bulat

Operasi hitung bilangan bulat
·     Menyatakan bilangan bulat menggunakan panah pada garis bilangan
·     Melakukan penjumlahan pada bilangan bulat (positif-positif; positif-negatif; negatif-positif; negatif-negatif) menggunakan garis bilangan
·     Menyatakan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·     Melakukan penjumlahan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·     Bermain melakukan penjumlahan bilangan bulat menggunakan orang-orangan pada garis bilangan
·   Menunjukkan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·   Menjumlahkan bilangan bulat positif dan positif
·   Menjumlahkan bilangan bulat positif dan negatif



·   Menjumlahkan bilangan bulat negatif dan positif

·   Menjumlahkan bilangan bulat negatif dan negatif

Tes Tertulis
Performans
5 jp x 35 menit
· Buku matematika

· Buku referensi yang relevan

·    garis bilangan

·    Papan Selisih

5.3 Mengurangkan bilangan bulat

Operasi hitung bilangan bulat
·         Menyatakan lawan suatu bilangan
·         Melakukan pengurangan dengan mengubah terlebih dahulu ke bentuk penjumlahan

·         Melakukan pengurangan pada bilangan bulat (positif-positif; positif-negatif; negatif-positif; negatif-negatif) menggunakan garis bilangan
·         Melakukan pengurangan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·         Bermain melakukan pengurang-an bilangan bulat menggunakan orang-orangan pada garis bilangan
·   Menuliskan lawan suatu bilangan
·   Menuliskan pernyataan /kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan atau sebaliknya
·   Mengurangkan bilangan bulat positif dan positif
·   Mengurangkan bilangan bulat positif dengan negatif
·   Mengurangkan bilangan bulat negatif dengan positif
·   Mengurangkan bilangan bulat negatif dengan negatif

- Tes Tertulis
- Performans
5 jp x 35 menit
· Buku Matematika
· Buku referensi yang relevan.

·    garis bilangan

·    Papan Selisih

5.4  Melakukan operasi hitung campuran
Hitung Campuran bilangan bulat
·   Melakukan hitung campuran (penjumlahan dan pengurangan) pada bilangan bulat menggunakan papan selisih
·   Melakukan hitung campuran (perkalian dan pembagian) pada bilangan bulat menggunakan papan selisih
·   Melakukan hitung campuran bilangan bilat yang melibatkan 3 jenis operasi hitung
·   Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat

- Tes Tertulis

5 jp x 35 menit
· Buku Matematika
·   Buku referensi yang relevan

·   Papan selisih



Standar Kompetensi   : 6.  Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya

Pecahan dan Urutannya
·     Mengenal pecahan dengan peragaan langsung menggunakan benda yang bisa dipotong-potong
·     Menyatakan pecahan dengan menggunakan potongan kertas warna atau menggunakan gambar yang diarsir
·     Menentukan letak suatu pecahan pada garis bilangan
·     Membandingkan 2 pecahan meng-gunakan potongan kertas/ gambar dengan melihat luas daerah yang merupakan bentuk visual pecahan tersebut.
·     Mengurutkan sekelompok pecahan yang berpenyebut sama dari kecil ke besar atau sebaliknya.
·     Mengurutkan sekelompok pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dari kecil ke besar atau sebaliknya
·   Mengenal  arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh

·   Menyatakan pecahan secara visual

·   Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan
·   Membandingkan dua pecahan


·   Mengurutkan pecahan yang berpenyebut sama

·   Mengurutkan pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
- Tes Tertulis
- Performans

7 jp x 35 menit
· Buku Matematika
·   Buku referensi yang relevan.

·    garis bilangan

·    Kue/buah/ roti

·    Kertas lipat

6.2 Menyederha-nakan berbagai bentuk pecahan

Menyederhanakan Pecahan
·   Menentukan pecahan senilai dari suatu pecahan biasa
·   Menuliskan suatu pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal dan persen
·   Menyederhanakan suatu pecahan biasa menggunakan konsep pecahan senilai
·   Menuliskan pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa yang senilai atau sebaliknya kemudian menyederhanakannya
·   Menentukan pecahan senilai


·   Menyederhanakan suatu pecahan biasa

·   Menuliskan pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa yang paling sederhana
Tes Tertulis
5 jp x 35 menit
·   Buku Matematika
·   Buku referensi yang relevan.
·   Kertas lipat

6.3 Menjumlah kan pecahan

Operasi hitung pecahan
·     Melakukan penjumlahan dua pecahan berpenyebut sama dengan peragaan langsung (mis: menggabungkan ¼ apel dengan ¼ apel)
·     Melakukan penjumlahan secara matematis berdasarkan peragaan yang telah dilaksanakan
·     Melakukan penjumlahan pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dengan peragaan langsung menggunakan benda nyata dan kertas lipat
·     Melakukan penjumlahan secara matematis pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
·   Menjumlahkan dua pecahan biasa berpenyebut sama


·   Menjumlahkan dua pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama
Tes Tertulis
Performans
7 jp x 35 menit
· Buku matematika

·   Buku referensi yang relevan

·   Apel/roti

·   Kertas Lipat

6.4  Mengurang kan pecahan

Operasi hitung pecahan
·  Melakukan pengurangan dua pecahan berpenyebut sama dengan peragaan langsung (mis: mengambil ¼ apel dari ¾  apel)
·  Melakukan pengurangan secara matematis berdasarkan peragaan yang telah dilaksanakan
·  Melakukan pengurangan pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dengan peragaan langsung menggunakan benda nyata dan kertas lipat
·  Melakukan pengurangan secara matematis pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
·   Mengurangkan dua pecahan biasa yang berpenyebut sama

·   Mengurangkan dua pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama
Tes tertulis



Tes tertulis
7 jp x 35 menit
· Buku matematika
 Buku referensi yang relevan

6.5  Menyelesai kan masalah yang berkaitan dengan pecahan
Operasi hitung pecahan
· Melakukan observasi pada permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menyelesaikan persoalan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan
· Melakukan diskusi dan latihan dengan soal-soal yang kontekstual
·   Menyelesaikan persoalan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
Tes tertulis
5 jp x 35 menit
· Buku matematika
·   Buku referensi yang relevan

·    Kegiatan keseharian yang relevan

1 komentar:

  1. All the games you can play on the Sega Genesis - AprCasino
    The best part is, novcasino of goyangfc course, the game, is that 출장안마 there are very few people who do a lot herzamanindir.com/ of the hard work. The best part is, apr casino if the

    BalasHapus