Sabtu, 29 Oktober 2011

Adobe Photoshop 7.0 Tutorial



Tentang Tutorial• Judul: Pengantar Adobe Photoshop 7.0 Workspace• Deskripsi: Tutorial ini akan memperkenalkan antarmuka dasar dari Adobe Photoshop 7.0. Tutorial ini akan dimulai dengan menunjukkan tata letak bahwa pengguna akan melihat setelah membuka Photoshop. Tutorial ini akan berpindah ke bagian-bagian berbeda dari tata letak. Ini akan mulai dari menu bar, kemudian ke kotak alat, dan akhirnya mengakhiri tutorial palet.• Halaman: 1-19• Waktu yang dibutuhkan: 30 menit.• Kategori: Desain Grafis dan Web Development• Author: Noel Robinos• Email: robinosn@purdue.eduPhotoshop AntarmukaAntarmuka Photoshop terdiri dari menu bar, toolbox, dan palet.Seperti yang mereka lakukan dalam program lain, menu bar Photoshop berjalan di bagian atas ruang kerja. Toolbox Photoshop terletak di sisi kiri area kerja. Toolbox berisi semua alat yang tersedia di Photoshop. Selain toolbox, option bar ada alat itu. Hal ini terletak di atas layar. Ini adalah di mana Anda akan dapat membuat modifikasi untuk setiap alat dalam kotak alat.Palet Photoshop, ditumpuk di sisi kanan layar, akan membantu Anda memantau dan memodifikasi gambar. Perhatikan bahwa masing-masing palet mencakup tab yang memungkinkan Anda akses ke lebih banyak pilihan.1Menu barMenu bar terletak di bagian atas ruang kerja. Ini berisi menu untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Menu yang diselenggarakan oleh topik. Ini berisi File, Edit, Gambar, Layer, Pilih, Filter, View, Window, dan Bantuan menu.File yangBaru - gunakan untuk membuka sebuah kanvas kosong bagi Anda untuk bekerja masukBuka - gunakan untuk membuka file yang sudah dibuat di Photoshop.Browse - akan membuka tab File Browser, yang memungkinkan Anda untuk melihat file Anda.Open As - Anda dapat membuka format file sebagai format file yang ingin Anda buka sebagai.Buka terbaru - memberikan pilihan file yang paling baru dibuka di Photoshop.Tutup - menutup file yang sedang Anda kerjakan di Photoshop.Simpan - menyimpan file.Save As - memungkinkan Anda untuk menyimpan file dengan nSave yang berbeda untukame.r Web - memungkinkan Anda untuk menyimpan file yang dapat Anda gunakanAnda untuk kembali ke keadaan asli daridigunakan untuk menempatkan karya seni menjadi sebuah layer baru dimemungkinkan Anda untuk mengimpor Anotasi, Gambar PDF, atau file WIA dukungan.adalah tentangSKS dengan menggabungkan mereka menjadi satu atau lebih dialog- Anda dapat menambahkan judul dan informasi hak cipta ke halaman Web.t..raja di dalamou bisa melompat ke lain-mengedit aplikasi grafis dan HTML-mengedituntuk sebuah situs web. Kembalikan - memungkinkangambar. Tempat -gambar. Impor -Ekspor - memungkinkan Anda untuk mengekspor Jalan Menuju Illustrator atau Zoomview.Workgroup - Anda dapat menemukan informasi rinci dan ne terbaruWebDAV di www.webdav.org. Otomatis - menyederhanakan ta komplekskotak. File InfoPage Setup - memodifikasi kertas, orientasi, dan margin sebelum Anda prinsipPrint with Preview - preview gambar Anda sebelum Anda mencetaknya.Cetak - mencetak gambar yang Anda kerjakan di PhotoshopCetak Satu Salin - mencetak satu salinan dari gambar yang Anda worPhotoshop. Langsung Untuk - yaplikasi dari dalam ImageReady. Keluar - menutup Adobe Photoshop 7.0.2MengeditUndo - menghapus perubahan Anda paling baru pada gambar.Langkah Maju - naik satu langkah dalam palet History Anda.Langkah Mundur - kembali satu langkah dalam palet History Anda.Fade - perubahan opacity gambar.Potong - memotong gambar atau seleksi yang telah Anda buat.Salin - salinan gambar atau seleksi yang telah Anda buatSalin Digabung - membuat salinan digabung dari semua lapisan terlihat di area yang dipilih.Paste - transfer gambar atau seleksi yang telah Anda buat.Paste Ke - pasta pilihan dipotong atau disalin dalam pemilihan lain dalam yang samafoto atau gambar yang berbeda.Batal - membersihkan semua pekerjaan yang dilakukan di tempat kerja.Periksa Ejaan - cek ejaan.Cari dan Ganti Teks - menemukan dan menggantikan teks yang telah Anda lakukan di tempat kerja.Isi - mengisi area tertentu dengan warna yang Anda pilih.Stroke - menciptakan garis terlihat di sekitar objek dibuat dalam ruang kerja.Free Transform - manual mengubah gambar.Transform - memodifikasi bagian-bagian tertentu dari gambar seperti skala, miring, putar, dllTentukan Brush - membuat dan menyimpan sikat custom made.Tentukan Pola - membuat dan menyimpan pola yang dibuat kustom.Tentukan Custom Shape - membuat dan menyimpan bentuk kustom `.Pembersihan - membersihkan Undo itu, Clipboard, dan palet History.Pengaturan Warna - Anda dapat menyesuaikan pengaturan manajemen warna.Manajer Preset - centralizes manajemen kuas, swatch, gradien, gaya, pola, kontur, bentuk kustom, dan alat-alat yang telah ditetapkan.Preferensi - memungkinkan Anda untuk mengedit Preferensi dalam Adobe Photoshop 7.0.3GambarMode - Mode Warna perubahan gambar.Penyesuaian - mengatur atribut yang berbeda dari gambar.Gandakan - duplikat gambar yang dipilih.Terapkan Gambar - memungkinkan Anda campuran lapisan satu gambar dan saluran (sumber)dengan lapisan dan saluran dari gambar aktif (tujuan).Perhitungan - memungkinkan Anda perpaduan dua saluran individu dari satu atau lebih gambar sumber.Ukuran Gambar - menyesuaikan dimensi pixel, ukuran dokumen, dan resolusi.Canvas Size - menyesuaikan ukuran tempat kerja.Putar Canvas - berputar ruang kerja.Tanaman - tanaman gambar.Potong - memotong gambarMengungkapkan Semua - menampilkan seluruh gambar.Histogram - mengubah nilai dari gambar.Perangkap - mengoreksi misalignment dari warna solid.4LapisanBaru - menambahkan layer baru.Duplicate Layer - layer duplikat.Hapus - menghapus sebuah layer.Layer Properties - mengubah nama dan warna lapisan.Layer Style - menambahkan efek ke gambar.Fill Layer Baru - menciptakan layer baru dengan warna tertentu, gradien, dan pola.Penyesuaian Layer baru - menciptakan lapisan baru dengan penyesuaian tertentu.Perubahan Konten Lapisan - lapisan mengubah konten.Konten lapisan Pilihan - pilihan untuk konten lapisan.Jenis - menciptakan lapisan teks.Rasterize - menggabungkan semua lapisan sehingga tidak bisa diedit.Lapisan Baru Berdasarkan Iris - menambahkan lapisan irisan basis baru.Tambahkan Layer Mask - menambahkan layer mask.Aktifkan Layer Mask - mematikan layer mask.Tambahkan Masker Vector - menambahkan vector mask.Aktifkan Masker Vektor - vektor topeng mematikan.Sebelumnya kelompok dengan kelompok - kelompok lapisan.Ungroup - lapisan ungroup.Aturlah - memindahkan lapisan dari depan ke belakang.Sejajarkan Linked - sejalan lapisan terkait.Bagikan Linked - menyebar lapisan selaras.Kunci Semua Lapisan Dalam Set - lapisan kunci.Merge Down - menggabungkan lapisan atas dengan lapisan bawah.Merge Visible - menggabungkan semua lapisan terlihat.Flatten Image - menggabungkan semua lapisan dan menciptakan gambar baru.Anyaman - defringe, dan menghapus matte putih / hitam.5PilihSemua - memilih semua objek dalam ruang kerja.Hapus - membatalkan pilihan item yang dipilih.Ulang - item yang sebelumnya tidak dipilih memilihnya.Invers - membalikkan area seleksi.Rentang Warna - memilih berbagai warna.Feather - kabur tepi dengan membangun batas transisi antara seleksi dan piksel sekitarnya.Modifikasi - perubahan atribut pemilihan dari perbatasan, halus, memperluas, atau kontrak.Tumbuh - memperluas daerah seleksi.Similar - memilih objek dengan atribut yang sama.Transform - mengubah alat seleksi.Seleksi beban - beban pilihan.Simpan Seleksi - menyimpan pilihan.6FilterTerakhir Filter - menerapkan filter terakhir digunakan.Ekstrak - mengambil keluar bagian dari gambar.Liquify - membuat gambar terlihat seperti cairan.Pola Maker - membuat pola.Artistik - membuat tampilan gambar seperti warna, lukisan air, dllBlur - mengaburkan gambar.Stroke Brush - membuat tampilan gambar seperti yang dilakukan oleh gaya kuas stroke yang berbeda.Distort - mendistorsi gambar.Kebisingan - menambahkan noise pada gambar.Pixelate - pixelates gambar.Render - menciptakan efek awan, 3D mengubah, dllMempertajam - mempertajam tepi dalam gambar.Sketch - menciptakan efek seperti arang, krom, dllStylize - menciptakan efek seperti emboss, mengusir, dllTekstur - menciptakan efek tekstur.Video - memilih antara De-Jalin atau Warna NTSC.Digimarc - menempatkan watermark pada gambar.7LihatPengaturan Bukti - Anda mencetak bukti nyata dari dokumen Anda untuk melihat bagaimana warna dokumen akan terlihat ketika direproduksi pada perangkat output tertentu.Warna Bukti - mengaktifkan atau menonaktifkan menyoroti out-of-gamut warna.Peringatan gamut - Anda juga dapat dengan cepat mengidentifikasi semua out-of-gamut warna dalam sebuah gambar RGB.Zoom In - zoom inZoom Out - membesarkan.Muat di layar - cocok seluruh gambar di jendela.Pixel Aktual - menyesuaikan ruang kerja dengan ukuran apixel.ctualCetak Ukuran - menyesuaikan ruang kerja ke ukuran cetak nya.Ekstra - Anda juga dapat menampilkan atau menyembunyikan Ekstra.Tampilkan - menunjukkan grid, panduan, iris, dllPenguasa - penguasa menunjukkan.Snap - secara otomatis sejalan dengan penguasa.Snap Untuk - secara otomatis sejalan dengan panduan, grid, dllPanduan Kunci - kunci panduan.Panduan Batal - membersihkan semua panduan.Baru Panduan - panduan menambahkan.Slice Kunci - kunci irisan.Batal Slice - irisan jelas.8JendelaDokumen - perubahan orientasi kerja.Ruang kerja - menyimpan / menghapus palet ruang kerja dan reset.Alat - terbuka / menyembunyikan toolbox.Pilihan - buka / menyembunyikan tool option bar.File Browser - membuka / menyembunyikan file yang palet browser.Navigator - buka / menyembunyikan navigator palet.Info - buka / menyembunyikan palet Info.Warna - buka / menyembunyikan palet warna.Swatch - buka / menyembunyikan swatch palet.Styles - buka / menyembunyikan gaya palet.Sejarah - buka / menyembunyikan palet sejarah.Tindakan - buka / menyembunyikan tindakan palet.Alat Presets - terbuka / menyembunyikan tool preset palet.Lapisan - buka / menyembunyikan lapisan palet.Saluran - membuka / menyembunyikan palet channel.Jalan - buka / menyembunyikan palet path.Sikat - buka / menyembunyikan kuas palet.Karakter - buka / menyembunyikan palet karakter.Ayat - buka / menyembunyikan palet paragraf.Status Bar - terbuka / menyembunyikan statusnya palet bar.9BantuanBantuan photoshop - membantu Anda dengan pertanyaan yang Anda miliki tentang Photoshop.Tentang Photoshop - Adobe Photoshop menjelaskan.Tentang Plug-In - menjelaskan berbagai plug-in untuk Photoshop.Ekspor Gambar Transparan - menyediakan petunjuk langkah demi langkah tentang cara untuk mengekspor gambar transparan.Resize Gambar - menyediakan petunjuk langkah demi langkah tentang cara mengubah ukuran gambar.System Info - menyediakan informasi tentang sistem Anda.Update - download update untuk Adobe Photoshop 7.0.Dukungan - membawa Anda ke situs web Adobe Photoshop untuk dukungan.Pendaftaran - membantu Anda mendaftar Anda Adobe Photoshop 7.0.Adobe Online - Adobe Photoshop memungkinkan untuk online.Toolbox PhotoshopToolbox Photoshop, di sisi kiri area kerja, berisi berbagai macam alat yang dapat digunakan dengan sebagian gambar apapun. Beberapa ikon berisi alat segitiga kecil di sudut kanan bawah mereka. Segitiga ini berarti bahwa alat yang lebih menjadi tersedia sebagai Anda memilih ikon alat dan tahan tombol mouse. Alat-alat tambahan diilustrasikan di bawah ini. Alat yang paling memiliki pilihan yang ditampilkan pada panel alat pilihan, terletak di bagian atas area kerja. Options bar adalah konteks sensitif dan perubahan sebagai alat yang berbeda yang dipilih. Sebagai contoh, ketika alat kuas dipilih, options bar (di bawah) memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran, mode, opacity, dan aliran sapuan kuas Anda.10Seleksi, bergerak, dan tanaman alatAlat Marquee membuatpersegi panjang, elips, tunggalbaris, dan kolom tunggalpilihan.Move tool bergerakpilihan, lapisan, dan panduan.Alat Lasso membuatfreehand, poligonal (sejajar),dan magnetik (snap)pilihan.Alat Magic Wandmemilih daerah yang sama berwarna.Tool Crop trim gambar.Alat Iris iris menciptakan;alat slice Seleksimemilih irisan.Lukisan alatHealing Brush alat cat dengan sampelatau pola untuk memperbaiki ketidaksempurnaan dalam gambar;alat perbaikan patch ketidaksempurnaan dalamarea yang dipilih dengan menyalin segmen sampelatau pola.Alat Kuas cat sapuan kuas; yangAlat pensil cat keras bermata stroke.Cat Clone Stamp tool dengan sampelgambar, cat Pola Stamp alat denganbagian dari gambar sebagai pola.History Brush alat cat salinandipilih negara atau snapshot ke dalam gambar inijendela; cat Seni History Brush tooldengan stroke bergaya yang merangsang tampilan11cat yang berbeda gaya, menggunakan keadaan yang dipilih atausnapshot.Alat Eraser menghapus piksel dan mengembalikan bagiandari suatu gambar ke kondisi sebelumnya disimpan; yangLatar Belakang menghapus Eraser tool area transparansi dengan menyeret; alat Magic Erasermenghapus padat berwarna daerah untuk transparansi dengansatu klik.Alat Gradient membuat garis lurus, radial,sudut, tercermin, dan berlian campuran antarawarna; alat Paint Bucket mengisi samadaerah berwarna dengan warna foreground.Alat Blur mengaburkan tepi keras dalam foto; yangMempertajam alat mempertajam tepi lunak di foto;Smudge Tool noda data dalam gambar.Alat Dodge mencerahkan area di foto; yangMembakar alat menggelapkan area di foto; yangAlat spons perubahan saturasi warna dari sebuahdaerah.12Alat penting lainnyaAlat Jalur Seleksi membuat bentuk atausegmen pilihan menampilkan poin jangkar,arah garis dan titik arah.Alat Jenis menciptakan jenis pada gambar.Alat Pen menarik halus bermata jalan.Alat Shape membuat persegi panjang, bulatpersegi panjang, elips, poligon, dan garis; yangCustom Shape tool membuat bentuk disesuaikandipilih dari daftar bentuk kustom pada alatpilihan bar.Alat Anotasi membuat catatan dan suarapenjelasan yang dapat dilampirkan ke foto.Alat pipet sampel warna dalamgambar; alat Ukur jarak langkah,lokasi, dan sudut.Alat Tangan bergerak gambar dalam jendela tersebut.Alat Zoom memperbesar dan mengurangi pandangan dari suatu gambar.13Latar depan dan warna latar belakangWarna latar depan kotak di Toolbox (alun-alun kiri atas) menampilkan warna foreground yang sedang dipilih, atau warna yang Anda melukis atau menggambar dengan. Secara default, warna latar depan hitam. Warna latar belakang (kanan bawah) menampilkan warna latar belakang yang sedang dipilih. Secara default, warna latar belakang putih. Untuk swap dua warna, klik panah. Untuk mengubah salah satu warna, klik kotak, dan Color Picker kotak dialog akan muncul. Jika Anda ingin menggunakan warna Web, pilih Warna Web Hanya di sudut kiri bawah kotak dialog. Kode untuk warna yang Anda pilih akan muncul dalam kotak teks untuk # kanan.14Edit dan mode layar; ImageReadyMode editModus layarImageReadyMengedit mode. Tombol mode edit memungkinkan Anda untuk mengedit baik dalam mode standar (kiri) atau dalam mode Quick Mask (kanan). Masker membiarkan Anda mengisolasi dan melindungi area gambar seperti yang Anda menerapkan perubahan warna, filter, atau efek lain ke seluruh gambar. Bila Anda memilih bagian dari gambar, area yang tidak dipilih adalah "bertopeng" atau dilindungi dari pengeditan. Anda juga dapat menggunakan masker untuk mengedit gambar yang kompleks, seperti secara bertahap menerapkan warna atau efek filter untuk gambar. Modus topeng cepat memungkinkan Anda mengedit setiap pilihan sebagai masker tanpa menggunakan palet Channels (lebih pada palet di bawah) dan saat melihat gambar Anda.Layar mode. Tombol modus layar menyediakan layar yang berbeda pandangan dari gambar Anda. Tombol kiri adalah mode layar standar, tengah adalah mode layar penuh dengan menu bar, dan kanan adalah mode layar penuh tanpa menu bar.Langsung ke ImageReady. Adobe ImageReady merupakan program editing gambar. Dengan Langsung ke fitur, Anda dapat melompat antara Photoshop dan ImageReady untuk mentransfer gambar antara dua aplikasi untuk mengedit tanpa menutup atau keluar dari aplikasi berasal. Selain itu, Anda bisa melompat dari ImageReady ke program editing grafis lain-editing program dan HTML diinstal pada sistem Anda. Melompat ke sebuah program menyelamatkan Anda dari keharusan untuk menutup file dalam satu program dan membukanya kembali di lain.15PaletSecara default palet Photoshop ditumpuk bersama-sama dalam kelompok-kelompok di sisi kanan layar. Palet membantu Anda memonitor dan memodifikasi gambar. Perhatikan bahwa setiap t memungkinkan Anda akses ke lebih banyak pilihan. dari palet termasuk tha tabPalet navigatoravigator palet digunakan untuk memperbesar dan keluar darimakanw.lettete menampilkan informasi tentanglor nilai di bawah pointer atau kursor dan,te menampilkan nilai warna untuke latar depan dan warna latar belakang saat ini.tjam tangan paletou dapat memilih latar depan atau latar belakang warna dari palet potongan-potongan, atautyles paletia Styles palet memungkinkan Anda melihat dan memilih gaya lapisan preset. Secara default,menerapkan gaya ditetapkan menggantikan gaya lapisan saat ini.Ngambar yang Anda kerjakan. Anda dapat memperbesar dan keluar dengan menggunakan segitiga kecil di jendela tab navigator ofthe bawah. Atau Anda bisa mengetik apa% persentase ukuran yang Anda inginkan di bagian kiri bawah dari tab navigator. Jika seluruh gambar tidak terlihat dalam jendela dokumen, Anda navigto dapat membawa daerah lain dari gambar ke dalam bersaing Info paPara palet Infocotergantung pada alat yang digunakan, pengukuran yang berguna lainnya. Palet warnaPara palet WarnathMenggunakan slider dalam palet warna, Anda dapat mengedit warna latar depan atau latar belakang menurut beberapa model warna yang berbeda. Anda juga dapat memilih warna latar depan atau latar belakang dari spektrum warna yang ditampilkan di jalan abottom warna dari palet.SYAnda dapat menambahkan atau menghapus warna untuk membuat perpustakaan carikan kustom. Menciptakan perpustakaan swatch dapat membantu swatch kelompok Anda yang terkait atau khusus dan mengelola ukuran palet.ST1617Palet History untuk kembali ke keadaan sebelumnya dari suatu gambar, untukelete menyatakan gambar, dan di Photoshop, untuk membuat dokumen dari negara atauletten palet untuk merekam, memutar, mengedit, dan menghapus tindakan individu.palet juga memungkinkan Anda menyimpan dan memuat files action.ve dan kembali pengaturan alat. Anda dapat memuat, mengedit, dan membuatbraries preset alat menggunakan Preset Alat pemilih dalam options bar, AlatTTE daftar semua lapisan, mengatur lapisan, dan efek lapisan dalam gambar. Andasuatu menyelesaikan banyak tugas-seperti membuat, menyembunyikan, menampilkan, menyalin, dante memungkinkan Anda membuat dan mengelola saluran dan monitorfek editing. Palet daftar semua saluran dalam saluran citra kompositolorTTE daftar nama dan gambar thumbnail dari setiap jalur disimpan,bekerja urrent jalan, dan topeng vektor saat ini. Penurunan ukuranterpilih dalamSejarah paletAnda dapat menggunakandsnapshot. Tindakan paAnda menggunakan actioTAlat Preset paletAlat yang telah ditetapkan membiarkan Anda saliPreset palet, dan Manajer Preset. Palet LayersLapisan pucatcmenghapus lapisan-menggunakan tombol-tombol di palet Layers. Anda dapat mengakses perintah tambahan dan pilihan dalam menu palet Layers dan menu Layers. Saluran paletPara palet Saluranepertama (untuk RGB, CMYK, Lab dan gambar), maka saluran warna individual, cchannels spot, dan akhirnya saluran alfa. Sebuah thumbnail isi saluran muncul di sebelah kiri dari nama saluran; thumbnail otomatis update saat Anda mengedit saluran. Jalan paletJalan pucatcthumbnail atau memutar mereka dari daftar jalur memungkinkan Anda lebih dalam palet, dan memutar thumbnail off dapat meningkatkan kinerja. Untuk melihat jalan Anda harus terlebih dahulu sthe palet Paths.18File Browser paletFile Browser memungkinkan Anda melihat, menyortir, dan proses file gambar. Anda dapat menggunakan File Browser untuk melakukan tugas-tugas seperti membuat folder baru, mengubah nama, memindahkan, dan menghapus file, dan memutar foto. Anda juga dapat melihat informasi file individu dan data yang diimpor dari kamera digital Anda.Palet brushesPalet brushes memungkinkan Anda memilih sikat sikat preset dan desain kustom. Bekerja dengan sikat merupakan bagian penting dari menggunakan lukisan dan alat editing.Sikat yang Anda pilih menentukan banyak karakteristik stroke yang dihasilkan. Photoshop menyediakan berbagai sikat preset untuk mengisi berbagai keperluan

silabus kelas 4




KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR





MODEL
SILABUS KELAS IV








DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL MANDIKDASMEN
DIREKTORAT PEMBINAAN TK DAN SD
2007
 




KATA PENGANTAR
                                                       
 Sebagaimana dijelaskan  pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar selain menyusun contoh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di sekolah dasar juga menyusun contoh silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman kepada  para kepala sekolah, guru, dan pembina pendidikan lainnya dalam memahami dan melaksanakan Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
Buku ini merupakan bagian tak terpisahkan dari KTSP.  Melalui model ini disajikan contoh silabus mata pelajaran dan tematis untuk kelas awal. Sekolah dapat  mengembangkan contoh-contoh dalam model ini sesuai dengan keadaan, potensi, dan kondisi sekolah dan daerah.  
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan buku ini,  khususnya  kepada para kepala sekolah, guru SD yang telah mencurahkan tenaga dan fikiran demi terwujudnya model silabus ini.  Semoga buku ini bermanfaat bagi kepala sekolah dalam  mengembangkan dan menyusun silabus untuk sekolah dasar.
Jakarta,      Maret 2007
Direktur Pembinaan TK dan SD,



Drs. Mudjito A.K., M.Si.
NIP  131 112 700


SAMBUTAN

Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi (SI) dan berpedoman kepada panduan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri atas dua bagian, yaitu bagian pertama berupa Panduan Umum dan bagian kedua Model KTSP.

Panduan Umum memuat pedoman dan rambu-rambu yang perlu diacu, dijabarkan dari berbagai ketentuan-ketentuan tentang kurikulum yang terdapat dalam UU No. 20 tahun 2003 dan PP No. 19 tahun 2005, serta aturan pada umumnya yang berlaku dalam mengembangkan kurikulum. Panduan Umum diterbitkan terpisah dari model KTSP. Satuan pendidikan yang telah melakukan uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh diperkirakan mampu secara mandiri mengembangkan kurikulumnya berdasarkan SKL, SI dan Panduan Umum.

Bagian kedua Panduan penyusunan KTSP terdiri atas contoh atau model KTSP sebagai hasil pengembangkan SKL dan SI dengan menggunakan Panduan Umum. Sebagai contoh hendaknya tidak secara utuh digunakan oleh satuan pendidikan, namun dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Satuan pendidikan perlu memperhatikan kepentingan dan kekhasan daerah, sekolah dan peserta didik dalam mengembangkan KTSP. Untuk itu dapat menggunakan model KTSP sebagai referensi dengan melakukan perubahan dan penyesuaian yang diperlukan. Model KTSP terlampir berupa model silabus setiap mata pelajaran, ditujukan terutama bagi satuan pendidikan yang saat ini belum mampu mengembangkan kurikulum secara mandiri. Bagi satuan pendidikan ini, mempunyai waktu sampai dengan tiga tahun untuk mengembangkan kurikulumnya, yaitu selambat-lambatnya pada tahun ajaran 2009/2010.

BSNP menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada banyak pakar yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi, Pusat Kurikulum dan Direktorat di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Agama. Selain itu ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para guru dan kepala sekolah yang telah membantu proses validasi da uji keterbacaan. Berkat bantuan dan kerjasama yang baik, model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan.





Mata Pelajaran            :     Matematika                                                                                                                     
Kelas / Semester          :     IV ( empat ) / 1 (satu)
Standar kompetensi    :     1. Memahami dan menggunakan sifat – sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah   
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
1.1. Mengiden tifikasi sifat – sifat operasi hitung

Sifat – sifat operasi hitung cacah

·    Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pertukaran
·    Menyimpulkan dari contoh bahwa dari penjumlahan berlaku sifat pengelompokan
·    Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan untuk menghitung cepat
Contoh : 19 + 21 = 19 + ( 20 +1 )
             = 19 + 1 + 20
             =  20 + 20 = 40
·    Melakukan operasi hitung dengan menggunakan  sifat pertukaran pada penjumlahan


·    Melakukan operasi hitung dengan menggunakan  sifat pengelompokan pada penjumlahan

Tertulis

5 jp  x 35 menit

Buku matematika kelas IV

Buku referensi yang sesuai


1.2. Mengurutkan bilangan

Urutan  bilangan

·    Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu

·    Dengan membandingkan nilai tempatnya siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan mengisi tanda  < atau >
·    Mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan nilai tempat

·         Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratusan ribu
·         Membandingkan dua bilangan sampai lima angka dengan tanda < atau >
·         Menggunakan nilai tem-pat untuk mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya
Tertulis

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

Kartu bilangan satu angka
1.3.Melakukan operasi perkalian  dan pembagian


·    Menghafal perkalian dengan menggunakan peragaan jari tangan / peragaan benda lain  dengan hasil sampai seratus
·    Melakukan pembagian dengan menggunakan fakta dasar perkalian
·    Melakukan operasi perkalian dengan cara susun sekurang – kurangnya dua bilangan minimal dua angka.
·    Melakukan operasi pembagian dengan cara susun sekurang – kurang dua angka
·         Menghafal fakta dasar perkalian sebagai langkah dasar  pembagian dengan hasil sampai seratus
·         Melakukan perkalian dengan cara susun
·         Melakukan pembagian dengan sisa dengan cara susun

·         Melakukan pembagian tanpa sisa dengan cara susun
Tertulis
Performance

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

Kartu bilangan satu angka

1.4.  Melakukan operasi hitung campuran
Operasi hitung campuran
·   Mengamati contoh operasi  hitung campuran dua atau tiga bilangan.
·   Menyelesaikan operasi hitung campuran yang melibatkan sekurang – kurangnya dua bilangan
·   Mengamati contoh sifat  operasi hitung sesuai aturan operasi hitung.

·   Menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan operasi hitung campuran.

·         Menentukan hasil operasi hitung campuran sekurang –kurangnya menggunakan dua operasi hitung.

·         Menggunakan sifat – sifat operasi hitung untuk memudahkan perhitungan.
·         Melakukan operasi hitung campuran melalui sajian soal cerita.
Tertulis
Performance

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

1.5. Melakukan penaksiran dan pembulatan
Penaksiran dan pembulatan
·   Melakukan taksiran rendah terhadap operasi hitung
·   Melakukan taksiran tinggi terhadap operasi hitung
·   Melakukan taksiran yang baik terhadap operasi hitung.
·   Melakukan pembulatan operasi hitung dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat.

·         Melakukan penaksiran operasi hitung.


·         Membulatkan operasi hitung dalam satuan, puluhan, atau ratusan terdekat.
Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

1.6.  Memecahkan masalah yang melibatkan uang
Uang
·   Bermain tukar menukar yang melibatkan uang.
·   Menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan uang.
·   Menyelesaikan soal cerita sederhana melalui permainan jual beli yang melibatkan uang.
·         Membandingkan nilai uang yang berbeda melalui permainan.
·         Menentukan hasil operasi hitung melalui transaksi jual beli yang melibatkan uang
Tertulis
Performance

5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

Standar kompetensi          :     2. Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
2.1  Mendiskripsikan konsep faktor dan kelipatan

Kelipatan dan faktor


·    Menulis kelipatan dari bilangan yang ditentukan
·    Membuat kesimpulan tentang pengertian  konsep kelipatan
·    Menulis faktor dari bilangan ditentukan
·    Membuat kesimpulan tentang pengertian  konsep faktor
·     Menjelaskan arti kelipatan berdasarkan contoh


·     Menjelaskan arti faktor berdasarkan contoh

Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

2.2  Menentukan kelipatan dan faktor bilangan

Kelipatan dan faktor

·   Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan suatu bilangan

·   Menyelesaikan soal berkaitan faktor suatu bilangan

·   Menyelesaikan soal berkaitan kelipatan dan faktor dari dua bilangan

·         Menentukan kelipatan suatu bilangan melalui latihan soal
·         Menentukan faktor dari suatu bilangan melalui latihan soal
·         Menentukan kelipatan dan faktor dari dua bilangan melalui latihan soal

Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

2.3    Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

·     Menentukan faktor dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan kelipatan dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan KPK dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan FPB dari bilangan yang ditentukan sekurangnya dua bilangan
·     Menentukan faktor dan kelipatan sekurang – kurangnya dua bilangan



·      Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan

·     Memecahkan masalah sehari – hari berkaitan dengan KPK dan FPB  melalui soal cerita
Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

2.4     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
KPK dan FPB
·    Menyamakan penyebut dua pecahan dalam operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan KPK
·    Menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB
·    Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK dan FPB
·    Menggunakan KPK dan FPB dalam menyelesaikan hitung pecahan dan masalah kehidupan sehari – hari.

Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai


Standar kompetensi    :     3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang dan berat  dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
3.1.Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

Sudut

·      Menggambar berbagai macam bentuk sudut
·     Menentukan besar sudut dari benda sekitar dengan satuan tidak baku
·     Menggambar berbagi macam bentuk sudut
·     Menentukan besar sudut dari benda sekitar dengan satuan derajat


·     Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku



·   Menentukanbesar sudut dengan satuan derajat
Tertulis


5 jp x 35 menit

Buku paket matematika kelas IV

Buku referensi yang sesuai

3.2  Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang dan antar satuan berat
Satuan waktu, panjang, dan berat

·       Mengamati gambar yang berkaitan dengan satuan waktu
·       Mengubah satuan waktu
·       Mengamati gambar tangga satuan panjang
·       Mengubah satuan panjang
·       Mengamati gambar tangga satuan berat
·       Mengubah satuan berat
·         Menentukan hubungan antara satuan waktu
·         Menentukan hubungan antara satuan panjang
·         Menentukan hubungan antara satuan berat
Tertulis


6 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

3.3  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang , dan berat

Satuan waktu, panjang, dan berat

·       Menentukan hasil operasi hitung satuan waktu yang berbeda.
·       Menentukan hasil operasi hitung satuan panjang yang berbeda.
·       Menentukan hasil operasi hitung satuan berat yang berbeda.
·       Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari melalui operasi hitung  berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat
·         Mengubah ukuran satuan waktu, panjang, dan berat



·     Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari berkaitan dengan satuan waktu, panjang, dan berat
Tertulis


5 x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai

3.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas

Satuan kuantitas (rim, gros, kodi, dan lusin )
·     Mengamati satuan kuantitas (rim, gros, kodi, dan lusin )
·     Mengubah satuan kuantitas
·     Menentukan hasil operasi hitung satuan kuantitas
·     Menyelesaikan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas
·      Mengubah satuan kuantitas

·         Memecahkan soal cerita sederhana dalam kehidupan sehari – hari yang melibatkan satuan kuantitas
Tertulis


5 x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai





Standar Kompetensi   :     4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
4.1.Menentukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga

Keliling dan luas
·     Menggambar bangun jajaran genjang dan segi tiga dengan ukuran yang ditentukan
·     Menemukan rumus keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga melalui percobaan dan pengamatan
·     Menyelesaikan soal berkaitan dengan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga
·         Menemukan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga

Tertulis


7 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai
4.2.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga
Keliling dan luas
·       Menggambar bangun jajaran genjang dan segi tiga dengan ukuran yang ditentukan
·       Menghitung luas dan keliling jajaran genjang dan segi tiga dari gambar dan ukuran ditentukan
·       Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga

·         Memecahkan soal ten tang keliling dan luas jajaran genjang dan segi tiga melalui sajian gambar dengan ukuran yang ditentukan
·         Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas dan keliling jajaran genjang dan segi tiga
Tertulis


7 jp x 35 menit

Buku matematika kelas IV paket

Buku referensi yang sesuai



Mata Pelajaran            :     Matematika
Kelas / Semester          :     IV (empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi   :     5.  Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
5.1 Mengurutkan bilangan bulat

Bilangan Bulat
·         Mengenal bilangan bulat negatif  melalui pemberian masalah sehari-hari
·         Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
·         Menentukan letak suatu bilangan bulat pada garis bilangan

·         Membandingkan dua buah bilangan bulat dengan tanda < ; > ; atau =
·         Mengurutkan sekelompok bilangan bulat (maksimal 2 angka) dari bilangan terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
·     Mengenal bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
·     Membaca dan menulis bilangan bulat
·     Menentukan  letak bilangan bulat dalam garis bilangan
·     Membandingkan dua bilangan bulat

·     Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari kecil ke besar atau sebaliknya

Tes Tertulis
Portofolio
5 jp x 35 menit
· Buku Matematika
· Buku referensi yang relevan.
·    garis bilangan


5.2 Menjumlahkan bilangan bulat

Operasi hitung bilangan bulat
·     Menyatakan bilangan bulat menggunakan panah pada garis bilangan
·     Melakukan penjumlahan pada bilangan bulat (positif-positif; positif-negatif; negatif-positif; negatif-negatif) menggunakan garis bilangan
·     Menyatakan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·     Melakukan penjumlahan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·     Bermain melakukan penjumlahan bilangan bulat menggunakan orang-orangan pada garis bilangan
·   Menunjukkan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·   Menjumlahkan bilangan bulat positif dan positif
·   Menjumlahkan bilangan bulat positif dan negatif



·   Menjumlahkan bilangan bulat negatif dan positif

·   Menjumlahkan bilangan bulat negatif dan negatif

Tes Tertulis
Performans
5 jp x 35 menit
· Buku matematika

· Buku referensi yang relevan

·    garis bilangan

·    Papan Selisih

5.3 Mengurangkan bilangan bulat

Operasi hitung bilangan bulat
·         Menyatakan lawan suatu bilangan
·         Melakukan pengurangan dengan mengubah terlebih dahulu ke bentuk penjumlahan

·         Melakukan pengurangan pada bilangan bulat (positif-positif; positif-negatif; negatif-positif; negatif-negatif) menggunakan garis bilangan
·         Melakukan pengurangan bilangan bulat menggunakan papan selisih
·         Bermain melakukan pengurang-an bilangan bulat menggunakan orang-orangan pada garis bilangan
·   Menuliskan lawan suatu bilangan
·   Menuliskan pernyataan /kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan atau sebaliknya
·   Mengurangkan bilangan bulat positif dan positif
·   Mengurangkan bilangan bulat positif dengan negatif
·   Mengurangkan bilangan bulat negatif dengan positif
·   Mengurangkan bilangan bulat negatif dengan negatif

- Tes Tertulis
- Performans
5 jp x 35 menit
· Buku Matematika
· Buku referensi yang relevan.

·    garis bilangan

·    Papan Selisih

5.4  Melakukan operasi hitung campuran
Hitung Campuran bilangan bulat
·   Melakukan hitung campuran (penjumlahan dan pengurangan) pada bilangan bulat menggunakan papan selisih
·   Melakukan hitung campuran (perkalian dan pembagian) pada bilangan bulat menggunakan papan selisih
·   Melakukan hitung campuran bilangan bilat yang melibatkan 3 jenis operasi hitung
·   Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat

- Tes Tertulis

5 jp x 35 menit
· Buku Matematika
·   Buku referensi yang relevan

·   Papan selisih



Standar Kompetensi   : 6.  Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
 PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
6.1 Menjelaskan arti pecahan dan urutannya

Pecahan dan Urutannya
·     Mengenal pecahan dengan peragaan langsung menggunakan benda yang bisa dipotong-potong
·     Menyatakan pecahan dengan menggunakan potongan kertas warna atau menggunakan gambar yang diarsir
·     Menentukan letak suatu pecahan pada garis bilangan
·     Membandingkan 2 pecahan meng-gunakan potongan kertas/ gambar dengan melihat luas daerah yang merupakan bentuk visual pecahan tersebut.
·     Mengurutkan sekelompok pecahan yang berpenyebut sama dari kecil ke besar atau sebaliknya.
·     Mengurutkan sekelompok pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dari kecil ke besar atau sebaliknya
·   Mengenal  arti pecahan sebagai sesuatu yang tidak utuh

·   Menyatakan pecahan secara visual

·   Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan
·   Membandingkan dua pecahan


·   Mengurutkan pecahan yang berpenyebut sama

·   Mengurutkan pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
- Tes Tertulis
- Performans

7 jp x 35 menit
· Buku Matematika
·   Buku referensi yang relevan.

·    garis bilangan

·    Kue/buah/ roti

·    Kertas lipat

6.2 Menyederha-nakan berbagai bentuk pecahan

Menyederhanakan Pecahan
·   Menentukan pecahan senilai dari suatu pecahan biasa
·   Menuliskan suatu pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal dan persen
·   Menyederhanakan suatu pecahan biasa menggunakan konsep pecahan senilai
·   Menuliskan pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa yang senilai atau sebaliknya kemudian menyederhanakannya
·   Menentukan pecahan senilai


·   Menyederhanakan suatu pecahan biasa

·   Menuliskan pecahan campuran ke bentuk pecahan biasa yang paling sederhana
Tes Tertulis
5 jp x 35 menit
·   Buku Matematika
·   Buku referensi yang relevan.
·   Kertas lipat

6.3 Menjumlah kan pecahan

Operasi hitung pecahan
·     Melakukan penjumlahan dua pecahan berpenyebut sama dengan peragaan langsung (mis: menggabungkan ¼ apel dengan ¼ apel)
·     Melakukan penjumlahan secara matematis berdasarkan peragaan yang telah dilaksanakan
·     Melakukan penjumlahan pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dengan peragaan langsung menggunakan benda nyata dan kertas lipat
·     Melakukan penjumlahan secara matematis pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
·   Menjumlahkan dua pecahan biasa berpenyebut sama


·   Menjumlahkan dua pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama
Tes Tertulis
Performans
7 jp x 35 menit
· Buku matematika

·   Buku referensi yang relevan

·   Apel/roti

·   Kertas Lipat

6.4  Mengurang kan pecahan

Operasi hitung pecahan
·  Melakukan pengurangan dua pecahan berpenyebut sama dengan peragaan langsung (mis: mengambil ¼ apel dari ¾  apel)
·  Melakukan pengurangan secara matematis berdasarkan peragaan yang telah dilaksanakan
·  Melakukan pengurangan pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama dengan peragaan langsung menggunakan benda nyata dan kertas lipat
·  Melakukan pengurangan secara matematis pecahan sederhana yang berpenyebut tidak sama
·   Mengurangkan dua pecahan biasa yang berpenyebut sama

·   Mengurangkan dua pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama
Tes tertulis



Tes tertulis
7 jp x 35 menit
· Buku matematika
 Buku referensi yang relevan

6.5  Menyelesai kan masalah yang berkaitan dengan pecahan
Operasi hitung pecahan
· Melakukan observasi pada permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menyelesaikan persoalan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan
· Melakukan diskusi dan latihan dengan soal-soal yang kontekstual
·   Menyelesaikan persoalan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
Tes tertulis
5 jp x 35 menit
· Buku matematika
·   Buku referensi yang relevan

·    Kegiatan keseharian yang relevan